facebook

Friday 21 March 2014

Display Kelas

Jean Piaget menyatakan bahwa anak Sekolah Dasar berada pada usia 6 – 12 tahun. Pada usia ini perkembangan kognitif anak berada pada tahap operesaional konkret sehingga dalam pembelajaran di Sekolah Dasar memerlukan penggunaan benda –benda konkret karena siswa-siswa Sekolah Dasar masih belum berfikir formal. Dengan mengetahui perkembangan kognitif siswa Sekolah Dasar tersebut guru diharapkan mampu berupaya untuk memfasilitasi siswa untuk terlibat aktif dalam belajar dengan penggunaan benda-benda menarik yang berkaitan dengan pembelajaran seperti dengan menggunakan display.
Display merupakan sebuah media untuk memberikan informasi-informasi penting yang dapat menunjang pembelajaran. Keberadaan display ini diharapkan mampu memberikan stimulasi, motivasi maupun media untuk apresiasi siswa dalam belajar. Display kelas yang dibuat merupakan hasil karya anak-anak, sehingga dengan hal ini kemampuan anak akan sangat merasa dihargai. Kondisi ini yang akhirnya akan memunculkan rasa bangga dan dihargai dalam diri anak sehingga secara tidak langsung rasa senang, nyaman dan asyik pada saat proses belajar akan dapat dicapai. Motivasi anak untuk terus belajar pun akan terus meningkat.
Dengan display siswa akan merasa nyaman dan mudah untuk belajar. Suasana kelas akan ramai dengan informasi yang dikemas dengan menarik. Display ini akan memberikan motivasi kepada siswa, mengarahkan perhatian, mengulang informasi dalam bentuk yang berbeda, meringankan usaha belajar, mengingatkan kembali pembelajaran, menyediakan acuan konkret bagi gagasan dan membuat gagasan abstrak menjadi konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak Sekolah Dasar.
Kreativitas yang dimiliki guru sangat berperan untuk membuat tampilan display tersebut menjadi menarik. Display merupakan barometer terhadap produktivitas dari seorang guru dan gambaran dari perkembangan kelas. Oleh karena itu, guru harus kreatif untuk membuat display. Melalui display kelas ini para siswa dapat lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

Penggunaan display kelas ini sudah diaplikasikan di SDN 014 Gunung Belah Tarakan. SDN 014 Gunung Belah Tarakan merupakan sekolah yang mendapatkan Program Pendampingan PT Trakindo Utama dan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Diharapkan dengan adanya display kelas  ini maka pembelajaran yang dilakukan disekolah akan berjalan dengan efektif karena siswa terus termotivasi untuk belajar dengan suasana kelas yang menyenangkan.  Bagi anda yang berprofesi sebagai pendidik tidak ada salahnya untuk mencoba membuat display supaya suasana kelas anda menyenangkan dengan banyak berbagai informasi yang dipajang secara menarik di kelas. Dengan kelas yang menyenangkan maka siswa yang tadinya sudah jenuh dan bosan untuk belajar akan berubah menjadi siswa-siswa yang penuh motivasi untuk belajar. Dengan adanya display kelas maka anak pun akan mudah untuk menyerap setiap informasi karena dislpay kelas dapat menyajikan suatu hal yang abstrak ke suatu yang konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia Sekolah Dasar. Selamat mencoba!!!

Contoh Display Karya SDN 014 Gunung Belah Tarakan

0 comments:

Post a Comment