Jean Piaget
menyatakan bahwa anak Sekolah Dasar berada pada usia 6 – 12 tahun. Pada usia
ini perkembangan kognitif anak berada pada tahap operesaional konkret sehingga dalam
pembelajaran di Sekolah Dasar memerlukan penggunaan benda –benda konkret karena
siswa-siswa Sekolah Dasar masih belum berfikir formal. Dengan mengetahui
perkembangan kognitif siswa Sekolah Dasar tersebut guru diharapkan mampu
berupaya untuk memfasilitasi siswa untuk terlibat aktif dalam belajar dengan
penggunaan benda-benda menarik yang berkaitan dengan pembelajaran seperti
dengan menggunakan display.
Display
merupakan sebuah media untuk memberikan informasi-informasi penting yang dapat
menunjang pembelajaran. Keberadaan display ini diharapkan mampu memberikan
stimulasi, motivasi maupun media untuk apresiasi siswa dalam belajar. Display
kelas yang dibuat merupakan hasil karya anak-anak, sehingga dengan hal ini kemampuan
anak akan sangat merasa dihargai. Kondisi ini yang akhirnya akan memunculkan
rasa bangga dan dihargai dalam diri anak sehingga secara tidak langsung rasa
senang, nyaman dan asyik pada saat proses belajar akan dapat dicapai. Motivasi
anak untuk terus belajar pun akan terus meningkat.
Dengan display siswa
akan merasa nyaman dan mudah untuk belajar. Suasana kelas akan ramai dengan
informasi yang dikemas dengan menarik. Display ini akan memberikan motivasi
kepada siswa, mengarahkan perhatian, mengulang informasi dalam bentuk yang
berbeda, meringankan usaha belajar, mengingatkan kembali pembelajaran,
menyediakan acuan konkret bagi gagasan dan membuat gagasan abstrak menjadi
konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak Sekolah Dasar.
Kreativitas yang
dimiliki guru sangat berperan untuk membuat tampilan display tersebut menjadi
menarik. Display merupakan barometer terhadap produktivitas dari seorang guru
dan gambaran dari perkembangan kelas. Oleh karena itu, guru harus kreatif untuk
membuat display. Melalui display kelas ini para siswa dapat lebih termotivasi
dalam mengikuti proses pembelajaran.
Penggunaan
display kelas ini sudah diaplikasikan di SDN 014 Gunung Belah Tarakan. SDN 014
Gunung Belah Tarakan merupakan sekolah yang mendapatkan Program Pendampingan PT
Trakindo Utama dan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Diharapkan dengan adanya display
kelas ini maka pembelajaran yang
dilakukan disekolah akan berjalan dengan efektif karena siswa terus termotivasi
untuk belajar dengan suasana kelas yang menyenangkan. Bagi anda yang berprofesi sebagai pendidik
tidak ada salahnya untuk mencoba membuat display supaya suasana kelas anda
menyenangkan dengan banyak berbagai informasi yang dipajang secara menarik di
kelas. Dengan kelas yang menyenangkan maka siswa yang tadinya sudah jenuh dan
bosan untuk belajar akan berubah menjadi siswa-siswa yang penuh motivasi untuk
belajar. Dengan adanya display kelas maka anak pun akan mudah untuk menyerap
setiap informasi karena dislpay kelas dapat menyajikan suatu hal yang abstrak
ke suatu yang konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia Sekolah
Dasar. Selamat mencoba!!!
Contoh Display Karya SDN 014 Gunung Belah Tarakan
0 comments:
Post a Comment