facebook

Tuesday 21 April 2015

PERKEMBANGAN IPTEK UNTUK GURU KREATIF

Tak dapat dipungkiri bahwa abad 21 ini adalah eranya perkembangan dunia Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK). Hari demi hari bahkan detik demi detik perkembangan IPTEK ini semakin pesat tak bisa dihentikan. Oleh sebab itu maka kita juga harus cepat tanggap untuk ikut berkembang seiring dengan perkembangan IPTEK tersebut. Kita harus bisa menggunakan perkembangan IPTEK, jangan menjadi orang yang GAPTEK alias “Gagap Tekhnologi” supaya kita tidak menjadi orang yang terbelakang dengan perubahan dan perkembangan IPTEK yang ada. Kalau kita sampai terbelakang dengan kemajuan IPTEK maka kita akan menjadi manusia yang hidup di “puing-puing” masa lalu, kita akan kalah dengan perkembangan zaman yang ada.
Guru yang kreatif adalah guru yang mampu memanfaatkan segala sesuatu yang ada untuk pengembangan proses pembelajaran, seperti dengan menggunakan perkembangan IPTEK yang ada. Tetapi ketika dilapangan ternyata guru-guru masih banyak yang belum bisa memanfaatkan kemajuan IPTEK, contohnya dalam menggunakan dunia internet untuk mencari media bahkan materi pembelajaran supaya lebih variatif.
Memang di Indonesia masih banyak daerah-daerah yang kurang beruntung untuk mendapatkan akses akan perkembangan IPTEK misalnya didaerah pelosok-pelosok sana sehingga daerah tersebut menjadi terbelakang. Tetapi ternyata didaerah-daerah yang sudah mudah untuk mengakses IPTEK pun belum semuanya dapat memanfaatkan IPTEK misalnya Internet.
Kemajuan IPTEK di sekolah dampingan saya dapat dikatakan sangat baik sekali bahkan disekolah itu sudah dilengkapi Wifi. Tetapi keberadaan Wifi tersebut kurang dioptimalkan dengan baik karena guru kurang sadar akan manfaat internet untuk mendukung pembelajaran sehingga mereka tidak mau belajar untuk memanfaatkannya.
Karena permasalahan di atas, maka saya mencoba untuk merubah paradigma guru-guru untuk memanfaatkan dunia internet dalam mendukung pembelajaran yang akan dilakukan. Yang saya lakukan adalah dengan memberikan contoh penggunaan internet untuk membuat display kelas. Ketika itu ada guru yang mau membuat display hewan-hewan dan meminta bantuan saya untuk mencari bahan-bahan gambarnya. Saya pun mulai berpikir untuk memberikan contoh penggunaan internet untuk membuat display dengan cara mencari bahan gambar-gambar hewan di internet. Setelah itu saya tunjukkan gambar-gambar hasil temuan saya di internet kepada guru. Guru itu  pun mulai tertarik dengan apa yang saya lakukan. Saya beritahukan kepada guru tersebut bahwa gambar-gambar ini saya dapatkan di internet dan Ibu/Bapak pun bisa menggunakan media internet untuk membantu pembelajaran. Kalau pun belum bisa menggunakan internet maka kita tinggal mau mulai belajar dari sekarang.
Setelah display itu jadi dengan hasil yang memuaskan maka guru-guru lain yang melihat pun mulai tertarik dalam menggunakan dunia internet untuk membuat display. Mereka mulai berbicara kepada saya mengenai rencananya dalam penggunaan internet untuk membuat dislpay. Saya pun gembira dengan hal tersebut dan sangat bersedia sekali untuk membantu mereka dalam menggunkan internet untuk membuat display.
Selain dalam membuat display, internet juga dapat digunakan untuk mencari bahan dalam membuat materi atau media untuk pembelajaran yang akan dilakukan. Contohnya ketika guru yang mau disupervisi saya bantu untuk mencari bahan-bahan untuk dijadikan media dalam pembelajaran bahasa indonesia. Saya dan guru tersebut bersama-sama mengumpulkan gambar-gambar di internet untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Anak-anak akan belajar untuk mendeskripsikan gambar yang dilihat.
Perkembangan IPTEK memang dapat kita gunakan untuk membantu proses pembelajaran yang akan dilakukan. Salah satu perkembangan IPTEK yang dapat kita gunakan adalah dunia internet yang disebut-sebut sebagai keajaiban dunia ke-8. Dan hanya guru kreatiflah yang akan bisa menggunakan segala sesuatu yang ada untuk mengembangkan proses pembelajaran yang akan dilakukan misalnya dengan menggunakan media internet. Kita bisa menggunakan media internet untuk membantu proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.


0 comments:

Post a Comment