Tak dapat dipungkiri bahwa abad 21 ini adalah eranya perkembangan
dunia Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK). Hari demi hari bahkan detik demi
detik perkembangan IPTEK ini semakin pesat tak bisa dihentikan. Oleh sebab itu
maka kita juga harus cepat tanggap untuk ikut berkembang seiring dengan
perkembangan IPTEK tersebut. Kita harus bisa menggunakan perkembangan IPTEK,
jangan menjadi orang yang GAPTEK alias “Gagap Tekhnologi” supaya kita tidak
menjadi orang yang terbelakang dengan perubahan dan perkembangan IPTEK yang ada.
Kalau kita sampai terbelakang dengan kemajuan IPTEK maka kita akan menjadi
manusia yang hidup di “puing-puing” masa lalu, kita akan kalah dengan
perkembangan zaman yang ada.
Guru yang kreatif adalah guru yang mampu memanfaatkan segala sesuatu
yang ada untuk pengembangan proses pembelajaran, seperti dengan menggunakan
perkembangan IPTEK yang ada. Tetapi ketika dilapangan ternyata guru-guru masih
banyak yang belum bisa memanfaatkan kemajuan IPTEK, contohnya dalam menggunakan
dunia internet untuk mencari media bahkan materi pembelajaran supaya lebih
variatif.
Memang di Indonesia masih banyak daerah-daerah yang kurang
beruntung untuk mendapatkan akses akan perkembangan IPTEK misalnya didaerah
pelosok-pelosok sana sehingga daerah tersebut menjadi terbelakang. Tetapi
ternyata didaerah-daerah yang sudah mudah untuk mengakses IPTEK pun belum
semuanya dapat memanfaatkan IPTEK misalnya Internet.
Kemajuan IPTEK di sekolah dampingan saya dapat dikatakan sangat
baik sekali bahkan disekolah itu sudah dilengkapi Wifi. Tetapi keberadaan Wifi
tersebut kurang dioptimalkan dengan baik karena guru kurang sadar akan manfaat
internet untuk mendukung pembelajaran sehingga mereka tidak mau belajar untuk
memanfaatkannya.
Karena permasalahan di atas, maka saya mencoba untuk merubah
paradigma guru-guru untuk memanfaatkan dunia internet dalam mendukung
pembelajaran yang akan dilakukan. Yang saya lakukan adalah dengan memberikan
contoh penggunaan internet untuk membuat display kelas. Ketika itu ada guru
yang mau membuat display hewan-hewan dan meminta bantuan saya untuk mencari
bahan-bahan gambarnya. Saya pun mulai berpikir untuk memberikan contoh
penggunaan internet untuk membuat display dengan cara mencari bahan gambar-gambar
hewan di internet. Setelah itu saya tunjukkan gambar-gambar hasil temuan saya
di internet kepada guru. Guru itu pun
mulai tertarik dengan apa yang saya lakukan. Saya beritahukan kepada guru
tersebut bahwa gambar-gambar ini saya dapatkan di internet dan Ibu/Bapak pun bisa
menggunakan media internet untuk membantu pembelajaran. Kalau pun belum bisa
menggunakan internet maka kita tinggal mau mulai belajar dari sekarang.
Setelah display itu jadi dengan hasil yang memuaskan maka guru-guru
lain yang melihat pun mulai tertarik dalam menggunakan dunia internet untuk
membuat display. Mereka mulai berbicara kepada saya mengenai rencananya dalam
penggunaan internet untuk membuat dislpay. Saya pun gembira dengan hal tersebut
dan sangat bersedia sekali untuk membantu mereka dalam menggunkan internet
untuk membuat display.
Selain dalam membuat display, internet juga dapat digunakan untuk
mencari bahan dalam membuat materi atau media untuk pembelajaran yang akan
dilakukan. Contohnya ketika guru yang mau disupervisi saya bantu untuk mencari
bahan-bahan untuk dijadikan media dalam pembelajaran bahasa indonesia. Saya dan
guru tersebut bersama-sama mengumpulkan gambar-gambar di internet untuk
digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Anak-anak akan belajar untuk
mendeskripsikan gambar yang dilihat.
Perkembangan IPTEK memang dapat kita gunakan untuk membantu proses
pembelajaran yang akan dilakukan. Salah satu perkembangan IPTEK yang dapat kita
gunakan adalah dunia internet yang disebut-sebut sebagai keajaiban dunia ke-8.
Dan hanya guru kreatiflah yang akan bisa menggunakan segala sesuatu yang ada
untuk mengembangkan proses pembelajaran yang akan dilakukan misalnya dengan menggunakan
media internet. Kita bisa menggunakan media internet untuk membantu proses
pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.
0 comments:
Post a Comment